HomeTentang AKMIVisi dan Misi

Visi, Misi, Dasar dan Tujuan Pendidikan

VISI

Terwujudnya Akademi Maritim (AKMI) Suaka bahari Cirebon sebagai Lembaga Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Kemaritiman yang bertaraf Nasional dan Internasional.

MISI

Membekali taruna dengan pengetahuan dan ketrampilan pengoperasian kapal serta pengetahuan dan ketrampilan manajemen kepelabuhan dan pelayaran yang memenuhi standar nasional dan internasional.

DASAR PENDIDIKAN

Pendidikan Tinggi dalam lingkungan Pendidikan Nasional di atur dalam keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 232/U/2000. Sesuai dengan keputusan tersebut, pendidikan profesional adalah program pendidikan diploma yang diarahkan terutama pada kesiapan penerapan keahlian tertentu sedangkan pendidikan profesi adalah pendidikan tambahan setelah program sarjana untuk memperoleh keahlian dan sebutan profesi dalam bidang tertentu. Selain itu juga berdasarkan Surat Keputusan bersama 3 menteri no: KM.41/2003-5/u/2003 tanggal 11 september 2003 tentang Sistem Standar Mutu Kepelautan Indonesia.

TUJUAN PENDIDIKAN

Pendidikan Program Diploma tiga dengan kode program D III adalah program non gelar yang mempunyai beban studi minimal 110 sks dan maksimal 120 sks yang di jadwalkan untuk 6 semester dan dapat ditempuh sampai 10 semester setelah pendidikan menengah. Tujuan Pendidikan program diploma diarahkan pada lulusan yang menguasai kemampuan dan ketrampilan dalam bidang teknologi tertentu dan mandiri dalam pelaksaksanaan maupun tanggung jawab pekerjaannya serta mampu melaksanakan pengawasan dan bimbingan atas dasar keterampilan manajerial yang dimilikinya.

Sedangkan tujuan pendidikan di AKMI adalah sebagai berikut:

  1. Membentuk manusia indonesia seutuhnya yang berjiwa Pancasila dan penuh tanggung jawab serta sadar akan kewajiban dalam menuju terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur
  2. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang bermutu dalam mendukung keberhasilan pembangunan nasional khususnya dalam sektor transportasi laut
  3. Mengadakan penelitian dan pengembangan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kemaritiman
  4. Memberikan pelayanan kepada masyarakat dan usaha-usaha lain yang sesuai dengan kemampuan akademik.

 

Nautika

NautikaMemiliki kompetensi sebagai ahli Nautika pelayaran Niaga TK III (ANT-III) dari kementrian perhubungan c.q Dirjen Perhubungan laut yang berlaku diseluruh dunia.

Read more...

Teknika

TeknikaMemiliki kompetensi sebagai ahli Teknika pelayaran Niaga TK III (ATT III) dari Kementrian perhubungan c.q. Dirjen Perhubungan laut yang berlaku diseluruh dunia.

Read more...

KPN

KPNMemiliki Kompetensi untuk bekerja sebagai ahli tata laksana/administrasi bidang “Port Shipping Management” berbagai perusahaan kepelabuhan.

Read more...

Go to top