HomeBeritaInformasi Publik

AKMI SUAKA BAHARI CIREBON TURUT MENYAMBUT KAPAL LATIH AKADEMI ANGKATAN LAUT KRI DEWARUCI

Cirebon (25/08), AKMI Suaka Bahari Cirebon kembali dipercaya untuk memeriahkan penyambutan Kapar Republik Indonesia (KRI) Dewaruci milik TNI-AL di Pelabuhan Cirebon dengan Marching Band Gita Satya Bahari.

KRI Dewaruci adalah kapal latih bagi taruna/kadet Akademi Angkatan Laut, TNI Angkatan Laut. Kapal ini berbasis di Surabaya dan merupakan kapal layar terbesar yang dimiliki TNI Angkatan Laut. Nama kapal ini diambil dari nama dewa dalam kisah pewayangan Jawa, yaitu Dewa Ruci. Kapal berukuran 58,5 meter dan lebar 9,5 meter dari kelas Barquentine ini dibangun oleh H. C. Stülcken & Sohn Hamburg, Jerman dan merupakan satu-satunya kapal layar tiang tinggi produk galangan kapal itu pada 1952 yang masih laik layar dari tiga yang pernah diproduksi. Pembuatan kapal ini dimulai pada tahun 1932, namun terhenti karena saat Perang Dunia II galangan kapal pembuatnya rusak parah. Kapal tersebut akhirnya selesai dibuat pada tahun 1952 dan diresmikan pada tahun 1953. Dewaruci dibuat pada tahun 1952 oleh H. C. Stülcken & Sohn Hamburg, Jerman Barat, pertama diluncurkan pada tanggal 24 Januari 1953, dan pada bulan Juli nya dilayarkan ke Indonesia oleh taruna AL dan kadet ALRI. Setelah itu KRI Dewaruci yang berpangkalan di Surabaya, ditugaskan sebagai kapal latih yang melayari kepulauan Indonesia dan juga ke luar negeri. KRI Dewaruci juga pernah mengelilingi dunia 2 kali.

Jajaran TNI selain dari Matra Laut, hadir juga dari Matra Darat dan Udara serta hadir pula dari jajaran Kepolisian Resort Cirebon Kota. Dalam penyambutan KRI Dewaruci, Direktur AKMI Suaka Bahari Cirebon ikut datang dan memberi selamat kepada Komandan TNI-AL beserta jajarannya atas singgahnya KRI Dewaruci ke Cirebon yang diperkirakan akan bersandar sekitar 3 hari ke depan.

Dengan bersandarnya KRI Dewaruci di Pelabuhan Cirebon, semoga Taruna/i AKMI Suaka Bahari Cirebon yang ikut singgah ke kapal tersebut dapat belajar lebih dan mendapat pengetahuan tentang ilmu kenautikaan.

AKMI Jaya!

Nautika

NautikaMemiliki kompetensi sebagai ahli Nautika pelayaran Niaga TK III (ANT-III) dari kementrian perhubungan c.q Dirjen Perhubungan laut yang berlaku diseluruh dunia.

Read more...

Teknika

TeknikaMemiliki kompetensi sebagai ahli Teknika pelayaran Niaga TK III (ATT III) dari Kementrian perhubungan c.q. Dirjen Perhubungan laut yang berlaku diseluruh dunia.

Read more...

KPN

KPNMemiliki Kompetensi untuk bekerja sebagai ahli tata laksana/administrasi bidang “Port Shipping Management” berbagai perusahaan kepelabuhan.

Read more...

Go to top